4 Fakta Unik tentang STKS BANDUNG



Hi genks people :)
Balik lagi nih bareng Jae ;)
Tulisan Kali ini akan saya dedikasikan buat kampus tercinta *lebay*

Udah pernah saya singgung dikit di tulisan  sebelumnya.

PASSION? Bawaan Kah? atau Dapat Dibentuk?

saya kuliah di salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang terletak (ceileh bahasa nya)  di bandung. PTK tersebut berada dibawah naungan Kementerian Sosial Republik Indonesia.   Nama kampusnya Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung.
Ya memang sih STKS Bandung ini gak  sepopuler PTK lain macem IPDN, STSN, STIS atau pun STAN (sekarang udah jadi PKN STAN).  Bahkan tak jarang nih (kebanyakan malah :v) warga bandung sendiri gak tau keberadaan kampus yang memiliki warna gedung biru ini *oke fakta ini beneran miris hiks*

Ditulisan ini saya akan  bahas 4 Fakta unik tentang STKS Bandung berdasarkan perspektif saya sendiri. yuk berangkat ke TKP wkwk

1. STKS sering dikira kampus kesehatan
FYI genks. Hal seperti ini sering banget di jumpai oleh mahasiswa STKS ketika ditanya oleh masyarakat tentang kepanjangan STKS.

"kuliah dimana de" || "di STKS Bu/Pak" || "oh yang kesehatan itu yah" || *gubrak* "bukan bu/pak, STKS Itu Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial jurusan nya pekerjaan sosial" || "oh ibu/bapak kira sekolah kesehatan bla bla bla"

Ya seperti itulah kalo ada yang nanya kepanjangan stks pasti kebanyakan langsung nyimpulin kepanjangan nya itu ada embel embel kesehatannya. Wkwkwk dan saya sendiri pernah ngalamin ini loh genks ketika sedang melakukan perjalan (sumpah ini lebay wkwk) menuju bandung trus ditanya oleh salah seorang penumpang bapak bapak yang nanya nya persis sama percakapan singkat yang saya tulis di atas :v dan bukan cuma saya sih genks yang ngalamin begini. Bahkan bayak temen temen juga yang cerita tentang hal yang sama ini. Wkwk ya begitulah faktanya. Tapi saya tetep bangga kok genks sama kampus ini hehe

2. Miniatur Indonesia
Nah loh apaan dah tuh miniatur indonesia maksudnya Jae? Kalem genks saya  jelasin nih.
Maksud miniatur indonesia disini adalah keberagaman mahasiswa yang datang dari berbagai belahan provinsi yang ada di indonesia (*eh buset baha elu jae lebay banget dah*) bukannya lebay loh yah. Tapi emang faktanya gitu :v karna STKS sendiri menjalin kerja sama dengan beberapa daerah nih genks. Jadi gak heran kalo mahasiswanya beragam dari sabang sampe merauke. Pokoknya mewakili indonesia banget deh hihi dan keuntungannya bagi mahasiswa STKS (termasuk saya) nih, kita jadi tahu kalo suku di indonesia itu beragam banget genks. Kita juga bisa bertukar pikiran dan cerita cerita tentang kebudayaan didaerah masing masing. Pokoknya seru deh kalo ngobrol sama anak anak STKS (apalagi sama yang punya blog ini *plak) kalian bisa sekaligus belajar kebudayaan indonesia dan dengan itu juga bisa menambah rasa nasionalisme kita sebagai warga negara indonesia yang sadar bahwa indonesia itu memiliki keragaman suku, bahasa, budaya, agama dan adat istiadat (nahloh, kok jadi kayak belajar Pkn wkwk *plak)

3. Seragam

Yap. Inilah identitas kita yeaaaay. Seragam inilah yang menjadi ciri kalo kamu itu anak (gahol *eh) STKS. Bisa dilihat kan gagahnya anak STKS pake seragam itu hihi.
FYI nih genks. Sebenarnya kita punya 2 seragam. Yang pertama seragam pdh yang model nya kayak seragam PNS dan yang kedua itu seragam safari namanya. Tapi genks seragam yang model nya kayak PNS itu sejak tahun 2014 sudah tidak diberlakukan lagi. Alhasil kita angkatan 2014 dan 2015 tidak bisa merasakan gimana rasanya jadi PNS - PNS an (a.k.a pake seragam pns) :( dan tau gak genks. Padahal menurut saya daya tarik stks itu terletak pada seragam PNS nya dan jujur salah satu alasan saya dan beberapa teman masuk sekolah tinggi ini karena pengen pake seragam yang menurut kita khas banget (re: seragam PNS). Ya memang sih klise banget alasan nya. Tapi emang jujur sih rata rata mahasiswa angkatan 2015 pengen seragam itu kembali lagi hiks sampe sampe ada beberapa kelas yang kompak ngebuat seragam itu karena sangking pengennya wkkwkk  (oke ini jatohnya curhat colongan wkwk plakkkk)

4. Status Mahasiswa
Jadi bukan cuma status hubungan doang loh yang ada antara kamu dan aku *gubrak* tetapi di STKS mahasiswa nya pun di golongkan ke dalam dua jenis mahasiswa (kok macem penggolongan spesies *plak)

a. Mahasiswa Mandiri
Ini jenis mahasiswa menantu idaman banget *plak* semua nya serba mandiri. makan sendiri, nyuci baju sendiri, dan tidur pun sendiri *nyanyi* #eh bukan itu loh gengks maksudnya hehe :D mahasiswa mandiri disini berarti mahasiswa yang mebayar semua biaya pendidikan selama menempuh studi di STKS mulai dari biaya masuk dan biaya persemester. tapi tenaaang genks biaya nya terjangkau banget kok. kata rektor nya sendiri pas pembukaan PPI 2015 (macem ospek nya anak STKS) biaya kuliah di STKS menjadi salah satu yang termurah di indonesia hihi. angkatan saya saja dikenakan biaya persemester nya sekitar 1.2 juta an genks. dan rincian biaya awal masuk pada tahun 2015/2016 disini nih. look at the picture ;)

 tapi jangan galau dan jangan risau. jika mahasiswa mandiri ini berprestasi dibuktikan dengan capaian IP semester nya bagus, nanti nya status mahasiswa nya bisa berubah menjadi mahasiswa Beasiswa. so, study hard kunci nyaaa ;)

 b. Mahasiswa Beasiswa
Nah ini genks yang lumayan spesial (udeh kayak martabak aje hehe) selain mahasiswa mandiri ada juga mahasiswa beasiswa. di STKS sendiri ada beberapa jenis beasiswa yang diberikan (duhhh jae, tadi penggolongan mahasiswa, sekarang beasiswa? terorganisir banget yeh kayaknya kuliah disana, semuanya serba digolongkan) hehe ya begitulah faktanya genks. lalu ada jenis beasiswa apa aja? check this out
Beasiswa Prestasi
beasiswa ini deberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi baik di bidang akedemik (masuk rangking 10 besar di kelas) maupun non akademik (bidang seni, bahasa, olahraga, organisasi, dll) dibuktikan dengan sertifikat atau piagam penghargaan minimal tingkat sekolah di cantumkan pada saat pengiriman berkas pada proses pendaftaran Mahasiswa Baru STKS Bandung. jika mendapatkan beasiswa ini, nantinya setiap semester mahasiswa beasiswa prestasi harus mempertahanan IP nya minimal 3.5. jika IP nya turun beasiswa nya bisa dicabut loh genks dan status mahasiswa nya berubah menjadi mahasiswa mandiri alias berbayar.
oh iya keuntungan mendapatkan beasiswa ini selain di gratiskan biaya masuk dan persemester nya (100% FREE) mahasiswa nya juga mendaptkan uang saku 750 Ribu per bulan. lumayan kan genks uang saku nya bisa dipake untuk biaya hidup di bandung :)

Beasiswa Bantuan Pendidikan
beasiswa ini deberikan kepada mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi memiliki semangat belajar yang tinggi dan prestasi yang baik pula. pada saat mengirimkan berkas pendaftaran mencantumkan SKTM (Surat Keterangan Tidak mampu) dari desa atau kecamatan setempat. batas IP minimal tiap semester 3.25 genks dan mendatkan keuntungan gratis biaya masuk dan persemester  (100% FREE) serta mendapatkan uang saku 750 ribu perbulan. so, buat calon mahasiswa yang tidak mau kuliah dengan alasan tidak mempunyai biaya, buang jauh jauh pikiran itu, karena STKS menyiapkan beasiswa ini untuk kalian :)

Beasiswa Kerja Sama
beasiswa ini diperuntungkan untuk calon mahasiswa STKS khusus dari SMK (dulu SMPS) yang memiliki jurusan relevan dengan STKS (Pekerjaan Sosial) jadi yang dari SMA mah gak bisa apply beasiswa ini heehee. keuntungan yang didapat sama dengan dua beasiswa sebelumnya yaitu Free 100% dan mendapatkan Uang Saku 750 Ribu Perbulan dengan IP persemester min 3.25.

Beasiswa Izin Belajar/Tugas Belajar
beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa atau calon mahasiswa dari pemda setempat yang memiliki kerja sama (MoU) dengan STKS gitu genks seperti mahasiswa dari Gorontalo dan Nias. mahasiswa ini juga digratiskan 100% biaya kuliah dan mendapatkan uang saku yang sama dengan batas IP min 3.25

Beasiswa Layanan Khusus
beasiswa yang satu ini diberikan kepada calon mahasiswa yang memiliki (maap) keterbatasan fisik genks seperti mahasiswa tuna netra. ditunjang dengan fasilitas fasilitas khusu juga loh genks jadi jangan takut :) tetep akan diperlakukan sama kok :) mahasiswa ini juga digratiskan seluruh biaya kuliah dan mendapatkan uang saku 750 ribu perbulan dengan batas IP min 3.25.

naaah genks itulah 4 Fakta Unik tentang STKS BANDUNG berdasarkan pandangan penulis hehe :) sebenarnya masih banyak fakta menarik lainnya. mungkin di lain kesempatan bisa saya tambahkan.
buat para calon maba STKS atau adek adek yang minat masuk kampus kedinasan ini harus tau dong sedikit tentang kampus nya karena "tak kenal, maka tak sayang"
keep positive yaaah menanggapi tulisannya :) just want to share the info kok :)
oh iya kalo ada yang mau ditanyakan boleh komentar pada kolom yang disediakan :D

see yaa ^^
sampai jumpa pada tulisan Jae Selanjutnya^^

Komentar

  1. Assalamualaikum...
    Kak mau tanya, itu beasiswa prestasinya msh berlaku sampe skr?
    Dimhn balasannya kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalam.
      semua beasiswa yg saya sebutkan diatas masih berlaku dik^^

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    3. Kak STKS masih ikatan dinas kak?

      Hapus
  2. Caranya gmn biar bisa dpt beasiswa kak?

    BalasHapus
  3. Bisa dari awal pas masuk dengan mengirimkan bukti prestasi baik akademik maupun non-akademik dan fotocopy raport sem 1 - sem 5 (jika masuk 10 besar dikelas).
    jika sekiranya gak dapet beasiswa dari awal tetap memiliki kesempatan kokm yg terpenting IP kamu bagus. Jadi peluang nya banyak untuk mendapatkan beasiswa.

    Semoga membantu^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. kak, kalo dapet peringkat nya cuma dari semester 3-5 gmn tuh? bisa dapet beasiswa jg kah? makasihhh

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Mm gtu... yadh terimakasih kak...

    BalasHapus
  6. Kalau sekarang seragamnya seperti apa kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Cika
      Sampai saat ini seragam yg digunakan masih seragam seperti photo diatas

      Hapus
  7. Ass wr wb

    Untuk lulusan stks, biasanya lanjut kemana ya kak? Apa ada kemungkinan bekerja di Dinsos atau Kemensos? Dan prospek kerjanya kak. Tksh kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Naufal
      Untuk pertanyaan nya sudah pernah saya jawab di kolom komentar soal stks yaaa. Mangga silahkan di check di post an nya

      Hapus
  8. Kak, buat dptin IPK 3,5 itu sulit ga sih?
    Dan bagaimana tips biar bisa dptin IPK 3,5 itu?
    Terimaksih sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Eva,
      tak pernah ada kata sulit ketika terus Berusaha.
      tips nya sederhana,Usaha : Rajin Belajar, disiplin dan KONSISTEN dibarengi doa tentua nya.

      semoga membantu

      Hapus
  9. Kak, berarti STKS sekarang gak ada seragam PDH ya ka? Terima kasih atas infonya ka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ade,
      untuk seragam pdh sedang ada pengkajian ulang di SK Seragam yg baru, jadi kemngkinan akan diadakn kembali

      Hapus
    2. ohh gitu ka,, biaya kuliah persemester nya itu berapa sih ka? mohon infonya ka...

      Hapus
    3. klo tidak salah angkatan saya sekitar 1,2 jt an

      Hapus
    4. apakah jalur mandiri kalo lulus bisa jdi pns

      Hapus
  10. Kak mau tanya, setelah lulus tes tulis kan ada tes wawancara, nah saat tes wawancara itu ada kemungkinan gugur atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai
      kemungkinan gugur sepertinya tidak hanya akan dijadikan cadangan saja

      Hapus
    2. maaf kak, sy maba cadangan STKS 2017
      kemungkinan bisa lulus besar gk ya?

      Hapus
  11. Kak saya mau nanya kak , biasanya stks nerima berapa orang setelah tes wawancara kak? Mksh kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Dame,
      pada angkatan saya (2015, yang lolos hingga tahap akhir sekitar 400-an. kemngkinan tahun ini juga sama

      Hapus
  12. Kak mau tanya di stks bandung itu bisa tinggal diasrama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Putri,
      dulu iya, sekarang sudah tidak

      Hapus
  13. Balasan
    1. Adaaa, tapi khusus untuk mahasiswa jalur kerjasama kalau tidak salah. Jadi kalau dari halury mandiri udah engga bisa

      Hapus
  14. Ka lulusan stks langsung jadi pns gak ya?

    BalasHapus
  15. Ka lulusan stks langsung jadi pns gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Chairunnisa,
      tidak, stks sudah bukan ikatan dinas

      Hapus
  16. Kak, boleh minta id line nya? Makasih

    BalasHapus
  17. Kak, boleh minta id line nya? Makasih

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Kok idnya ga bisa di cari ya kak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Nanda.
      sudah ada yang berhasil meng add saya kok. dicoba lagi ya

      Hapus
  20. Kak minta wa nya. Soalnya id line gk bisa di cari

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo,
      for fast respond DM Instagram aja ya

      Hapus
  21. Kak, tahapan test stks apa aja ya?
    Trus stks msh ikatan dinas apa engga?

    Makasi kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Nada,
      Tes tulis dan wawancara.
      Mohon untuk membaca dengan cermat yah sebelum bertanya.

      Good luck

      Hapus
  22. kak,STKS kan PTK non ikatan dinas. nah,tolong jelaskan bagaimana kelulusan STKS. Apakah mudah menjadi cpns dan pns? biasanya ditempatkan dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Anis,
      Bukan ikatan dinas berarti setelah lulus tidak langsung diangkat kadi pns. Mudah atau tidak saya tidak tau

      Hapus
  23. halo dek, aku manggil dek ya karena kamu anak S1
    hahaha
    kalau info tentang pasaca tau nggak ya?apakah mahasiswanya juga banyak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ka Rosa.
      Infi pmb untuk program pascasarjana sudah saya post di post an terbaru yah ka. Silahkan di cek.

      Mahasiswa SP (pasca sarjana) tak sebanyak D-IV kak sekitar 20 lebih kalo tidak salah untuk angkatan 2016

      Hapus
  24. kak boleh bagi ig atau id line ? Mau nanya banyak hal nih ke kakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Via,
      lewat IG saja ya @jaenulabidin15

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. kak stks itu kan perguruan tinggi kedinasan (ptk) kan ya nah setelah aku baca baca klo ptk itu setelah lulus akan langsung diangkat menjadi cpns, bener ga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Della,
      banyak PTK memang di Indonesia, tapi gak semua nya Ikatan dinas which is kalo lulus langsung diangkat jadi PNS.hanya ada 7 PTK kalo tidak salah yang masih ikatan dinas. sisa nya tidak ikatan dinas

      Hapus
  27. Kak mengenai jalur beasiswa kerjasama itu kita di danai pemerintah ya? Kalau iya apa aja tuh yang didanain, trs tempat tinggal nya gimana? Kebetulan saya sendiri aslnya dari gorontalo jadi jaaauh bgt dari bandung, makasih ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mardha,
      Iya betul di danai pemerintah setempat karna melakukan MoU atau kerjasama dengan stks. Salah satu daerah yg punya MoU saat ini gorontalo. Untuk gorontalo disediakan asrama gorontalo dan uang saku

      Hapus
    2. Kak apakah ada mou dari daerah cilacap, klo ada itu dri pemerintah apa dri sekolah khusus didaerah trsbut

      Hapus
  28. Kak kalo stks tes masuknya apa aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Pipit,
      Tes tulis dan wawancara.
      Cermati lagi baca nya ya sudah ada di post an setelah ini

      Good luck

      Hapus
  29. kak ada batasan umur gak sih kak buat masuk stks ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo agnes.
      Saya tidak tau pastinya perihal ini. mohon maap

      Hapus
  30. Trs kak apakah ada batasan/kouta penerimaan stiap tahunnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo agnes.
      Angkatan 2015 dan 2016 sekitar 400 an

      Hapus
  31. Ka itu maksudnya juara dikelas atau juara umum disekolah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo luis,
      Juara dikelas maupun juara umum

      Hapus
  32. Oh gitu, makasih ya kak ya. Btw kan setelah nnti tes akademiknya kalau kita lulus nah trs lanjut wawancara lgsg di stks kan tuh, itu kita udh langsung tinggal di asramanya apa hrs nge kos dgn biaya sndri lagi? Makasih skli lagi yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mardha.
      Sudah tidak asrama. Jadi ngekos pake biaya sendiri

      Hapus
  33. Tinggalnya di asrama atau tidak?

    BalasHapus
  34. Ka emang bener lulusan stks ga bakal diangkat jadi pns?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Hary,
      jika pernyataan seperti itu saya kira salah. bukan "tidak akan diangkat" meainkan setelah lulus "tidak langsung diangkat" jadi PNS. setelah berkiprah di didunia kerja kesempatan untuk diangkat jadi PNS tetap ada.

      Hapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Assalamu'alaikum kak , saya mau tanya nih hehe. Sewaktu mendaftar online ada disuruh masukkan scan piagam , SKTM , ijazah . Tapi saya belum terima ijazah kak . Jadi gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalam,
      halo, tunggu sampai ijazah nya keluar saja. pendaftara nya juga kan terbilang lama hingga 13 Juni 2017. persiapkan berkas yang lain saja dulu.
      goodluck :)

      Hapus
  37. Assalamualaikum, kak saya mau nanya juga, kalo biaya untuk pasca sarjanya bisa dilihat dimna ya?
    Dan apakah berkan piagam seperti itu berlaku untuk calon mhs pasca?
    Mohon infonya, terimakasih 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaykumussalam
      halo kak, Bisa dilihat di web, di brosur juga ada. berdasarkan penuturan kaka tingkat saya di pasca sarjana angkatan 2016 gambaran tentang biaya daftar regis 300 ribu, kalau nanti masuk biaya registrasi dsp dll 7.750 juta

      semoga membantu :)

      Hapus
  38. Hallo ka, mau nanya aku kan mau daftar online ke stks , disitu ada kolom yg suruh dimasukan poto ijazah, sedangkan saya lulusan 2017 ka dan blm mendapatkan ijazah, nah itu bagaimana ka? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mega.
      Tunggu sampai ijazah keluar. Jangka waktu pendaftaran cukup lama kok

      Good luck

      Hapus
  39. Hai kk, saya mau tanya katanya sekolah ini ad jalur layanan khususny y?
    Trus bagi tuna wicara bisa nggak?
    Trus sekolah ini ikatan dinas dan langsung pns kn kk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo meza, untuk tuna wicara saya tidak tau. Yg saya sering lihat hanya tuna netra.

      Hapus
  40. Kak stks sudah gak asrama yah?

    BalasHapus
  41. Ka mau tanya, biaya persemester untuk tahun ajaran sekarang berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo nurul.
      Untuk angkatan 2017 saya gak tau. Yg saya tau angkatan saya 2015 persemester nya 1.3 juta. Seperti nya gak aka. Jauh dari biiaya persemester angkatan sebelum2nya

      Hapus
  42. kak boleh minta nomer whatsapp nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo rima,
      Mohon maap yaaa Lewat dm instagram saja
      @jaenulabidin15

      Hapus
  43. Siang kak..
    Saya lulusan SMK jurusan Teknik, saya ingin sekali kuliah di STKS. Apakah saya bisa memaksakan mendaftar PMB di STKS?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo rizal,
      Cek si pmb.stks.ac.id ada daftar jurusan smk yg boleh mendaftar

      Hapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Ada kemungkinan gk ya kerja di jepang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Hosea.
      Berbicara kemungkinan barangkali bisa saja mungkin. Alumni stks sudah pernah ada yg kejepang jugaa

      Hapus
  46. ada yang tau kuotanya berapa?

    BalasHapus
  47. Assalamualaikum...ka,maaf mau tanya apakah nanti ketika sekolah di STKS bisa membuat baju seragam untuk Angkatan? Seperti halnya diatas....Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo rizi. Itu bukan seragam angkatan tp seragam semua mahasiswa stks.

      Kalo mau buat ya boleh2 saja sepertinya

      Hapus
  48. Hai ka aku mau tanya. Setiap kuliah selalu berseragam mah atau ada hari pakai baju bebasnya dlm sminggu?thankyouu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai dinda,
      ada satu hari dibebaskan pakaian rapi sopan. di hari jumat

      Hapus
  49. bang izin nnya. setelah tamat dari STKS prospek ke depannya gmna?? apakah ada pnyaluran dari kampus/departemen sosial ke masing2 daerah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Dodi,
      kalo penyaluran secara langsung sepertinya tidak ada, kecuali yang mahasiswa kerja sama daerah.

      Hapus
  50. Kak, cara milih beasiswa prestasi gimana ? soalnya dipilihan hanya ada mahasiswa mandiri ? Soalnya prestasi akademik saya di SMA cukup bagus *rangking 5 besar 5 smt berturut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Sir Whoresbone,
      pilih yang mahasiswa mandiri terlebih dahulu. beasiswa prestasi didapatkan nanti setelah keluar IP semester 1. jika IP mu bagus maka status mahasiswa kamu akan berubah dari mahasiswa Mandiri menjadi mahasiswa beasiswa prestasi.

      good luck

      Hapus
  51. Assalamualaikum kak, mau nanya kalo stks itu ptk negeri atau swasta? nuhun sateuacanna hehee :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaykumussalam.
      Halo Altu,
      STKS merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan dibawah naungan Kementrian Sosial RI

      Hapus
  52. Maaf mau nanya kak,pendaftaran stks sampai kpn?soalnya td pas lihat di u dur smpsi tgl 20 juni

    BalasHapus
  53. Maaf mau nanya kak,pendaftaran stks sampai kpn?soalnya td pas lihat di u dur smpsi tgl 20 juni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo akbar,
      iya betul, pendaftaran untuk camaba STKS tahun 2017 diperpanjang hingga tanggal 20 Juni 2017. info lebih lanjut bisa di cek di pmb.stks.ac.id

      Hapus
    2. Assalamualaikum ka
      Pendaftaran kan sampe 20 Juni, nah sampe sekarang saya belum menerima ijazah, sedangkan di pendaftaran ada bagian yg harus mencantumkan scan ijazah.
      Saya ganti surat kelulusan boleh?

      Hapus
    3. Pendaftaran kan sampe 20 Juni, nah sampe sekarang saya belum menerima ijazah, sedangkan di pendaftaran ada bagian yg harus mencantumkan scan ijazah.
      Saya cantumkan scan surat kelulusan aja?
      Terima kasih kak

      Hapus
  54. Maaf mau nanya, klau lulusan STKS biasanya bekerja dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Aulia Faris,
      mohon maaf sekali telat menjawab tapi smeoga dilihat oleh yang lain yaa yang berminat masuk stks tahun ini.
      berdasarkan buku panduan akademik stks Bandung, tertulis dsana seperti ini:

      Lulusan STKS Bandung hingga tahun 2016 sebanyak
      13.291 orang, terdiri atas lulusan Program Pendidikan
      KDSA, KKST, Sarjana Muda, Diploma-III, Sarjana (S-1),
      dan Diploma-IV, serta Program Pendidikan Pascasarjana
      (S-2). Alumni STKS Bandung hingga saat ini telah
      tersebar di berbagai instansi pemerintah dan swasta yang
      ada di dalam dan luar negeri seperti:
       Kementerian Sosial RI
       Kepolisian & Tentara Nasional Indonesia (TNI)
       Pemerintah Daerah/PEMDA (Provinsi, Kabupaten,
      Kota)
       Dosen di Perguruan Tinggi Negeri/Swasta
       Lembaga-lembaga Internasional (UNHCR, UNICEF,
      UNDP, Save the Children, Plan International)
       Media Massa (Cetak & Elektronik)
       Praktisi di Rumah Sakit
       Praktisi dan Konsultan Ahli di LSM, BUMN
       Perusahaan Swasta
       BKKBN, Kehakiman HAM, BPM, dll

      semoga membantu

      Hapus
    2. Maaf kak.kalau lokasi ujiannya dimana ya kak?

      Hapus
  55. Boleh pakai kacamata ngga? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo,
      boleh pakai kacamata, karena saya juga berkacamata

      Hapus
  56. maaf kak,, setelah lulus dari stks ini, apakah spreti skolah kedinasan lainnya yang mana akan langsung bekerja??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo dimas Arif,
      insha allah bisa langsung bekerja klo giat mencari sendiri. karena tidak ada penempatankerja langsung dari stks

      Hapus
  57. Assalamualaikum kak, kalo tes wawancaranya boleh bahasa Indonesia gak kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Arta Bangga Utama,
      memang tes wawancara nya menggunakan bahasa indonesia kok :)

      Hapus
  58. Ka, kalo masalah pengalaman organisasi itu gimana ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Achmad,
      mohon maap saya kurang paham pertanyaan nya

      Hapus
  59. Kak saya lulus ajaran 2016/17. Mendaftar di tahun ajaran 2018/19 apa masih bisa?

    BalasHapus
  60. Min, jalur beasiswa kerjasama dari SMK jalur pendaftarannya seperti apa kk??

    Mohon Jawabannya Min.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung masuk web poltekesos nya aja, nanti ada pilihan jalur pendaftaran yang diinginkan

      Hapus
  61. Min, jalur beasiswa kerjasama dari SMK jalur pendaftarannya seperti apa kk??

    Mohon Jawabannya Min.

    BalasHapus
  62. Min, jalur beasiswa kerjasama dari SMK jalur pendaftarannya seperti apa kk??

    Mohon Jawabannya Min.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ifolala,
      Berdasarkan penuturan teman saya dari SMKN Malang. Pendaftaran jalur kerja sama SMK tergantung dari pihak sekolah nya. Di SMKN 2 Malang siapapun yg daftar nanti hasil raport semester 1-5 diranking. Kemudian yg 3 besar di ambil.
      Tapi ada jg di smk yg terserah siapapun yg mau daftar kadang gak di ranking. Pokoknya tanya dulu ke guru smk nya. Habis itu nanti sama guru kalo uda fix dia yg masuk ke stks di suruh ngirim berkas-berkasnya ke stks.Setelah itu nanti dpt nomor buat daftar online. Setelah daftar online tinggal nunggu jadwal pengumuman tes wawancara.

      Hapus
  63. Kak, cara memilih jurusan di STKS itu bagaimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Nur Afifa.
      Tidak ada pemilihan jurusan di STKS. Karena hanya ada satu jurusan saja yaitu D-IV Pekerjaan Sosial

      Hapus
  64. Kalau mendaftar sekolah ikatan dinas itu apa boleh banyak kak?
    Bisa minta id line/instagram kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya hanya diperkenankan mendaftar satu saja jika memang PTK nya masih ikatan dinas. Karena status stks bukan ikatan dinas melainkan hanya sekolah kedinasan saja. Maka diperkenankan mendaftar diluar dari PTK yg masih Ikatan Dinas.

      Line atau wa atau ig ada. Tapi mohon maaf yaa jika hendak bertanya saya rekomendasikan untuk lewat komentar blog saja agar bisa dibaca oleh teman2 lain yg berkunjung di blog ini. Dan meminimalisir pertanyaan yg sama.

      Hapus
  65. Permisi kak apakah berkacamata boleh?
    Dan peluang kerja lulusan STKS apa yaa?
    Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Achmad,
      Tentu boleh. Saya juga berkacamata :)

      Berdasarkan sebaran Alumni dalam Buku Pedoman Akademik tahun 2017 yang dikeluarkan oleh STKS BANDUNG, Lulusan STKS Bandung hingga tahun 2016 sebanyak
      13.291 orang, terdiri atas lulusan Program Pendidikan KDSA, KKST, Sarjana Muda, Diploma-III, Sarjana (S-1), dan Diploma-IV, serta Program Pendidikan Pascasarjana (S-2). Alumni STKS Bandung hingga saat ini telah
      tersebar di berbagai instansi pemerintah dan swasta yang
      ada di dalam dan luar negeri seperti:
      -Kementerian Sosial RI
      -Kepolisian & Tentara Nasional Indonesia (TNI)
      -‎Pemerintah Daerah/PEMDA (Provinsi, Kabupaten,
      Kota)
      ‎-Dosen di Perguruan Tinggi Negeri/Swasta
      -Lembaga-lembaga Internasional (UNHCR, UNICEF, UNDP, Save the Children, Plan International)
      -‎Media Massa (Cetak & Elektronik)
      -‎Praktisi di Rumah Saki
      -‎Praktisi dan Konsultan Ahli di LSM, BUMN Perusahaan Swasta BKKBN, Kehakiman HAM, BPM, dll

      Hapus
  66. Kak, di STKS ada jalur buat pemegang bidikmisi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Lutifah,
      Setau saya tidak ada tapi ada beasiswa bantuan Pendidikan yg diberikan STKS mirip seperti bidik misi

      Hapus
  67. Mau nanya kalo dari smk bisa daftar ke stks kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisaa bangett, tapi ga semua jurusan bisa

      Hapus
  68. Mau nanya kalo dari smk bisa daftar ke stks kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,
      Smk jurusan kesehatan atau sosial non teknik bisa mendaftar

      Hapus
  69. Berarti lulusan smk farmasi bisa daftar dong ka?

    BalasHapus
  70. Permisi kak saya mau tanya. Apakah stks membuka tes di luar bandung atau hanya di bandung saja?
    Apakah benar bahwa STKS tidak memliki ikatan dinas? Jadi kita harus melamar pekerjaan dulu?
    Berapa biaya kuliah di STKS untuk 1 semesternya?
    Terima kasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Achmad Fikri,
      STKS membuka tes tulis di beberapa lokasi seperti di Jakarta, Yogyakarta, dan beberapa daerah di luar jawa. Tapi untuk test wawancara harus datang langsung ke Bandung.

      Iya benar STKS bukan ikatan dinas lagi.

      Biaya kuliah persemester nya kurang lebih 1,5 juta an

      Hapus
  71. Kak knp stks tidak kedinasan lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Devira, wah saya tidak tau. itu kebijakan kementerian sepertinya

      Hapus
  72. Assalamualaikum kak
    Rencana kakak setelah lulus ini apa kak ? Siapa tahu bisa jadi acuan kami :)

    BalasHapus
  73. Assalamualaikum kak
    Rencana kakak setelah lulus ini apa kak ? Siapa tahu bisa jadi acuan kami :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaykumussalam, Halo Vebby. saya ingin bekerja dan melanjutkan S2 insha Allah

      Hapus
  74. Kaka kalo dari smk kesehatan farmasi masih bisa daftar gak?

    BalasHapus
  75. Assalamualaikum kak. Mau nanya kak itu pelaksanaan tes nya di lakukan di mana ya kak? Soalnya bagi kami yang jauh tinggal di kampung dan keterbatasan ekonomi bagaimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelaksanaan tes dilakukan serentak di beberapa wilayah di seluruh Indonesia. Untuk info tempat dan waktu bisa dilihat di leaflet poltekesos

      Hapus
  76. Assalamualaikum, kak mau nanya, STKS ini pendaftarnya harus dari IPS atau IPA juga bisa? Terus kalau seandainya ingin mendaftar jalur prestasi tapi tidak di terima, apa bisa masuk lewat mandiri, dan kuota perjurusan itu berpa ya kak? Trus juga tahun ini pendaftarannya dibuka tanggal berapa ya kak?
    Maaf ya kak, pertanyaannya banyak, sebelumnya makasih kak:)

    BalasHapus
  77. Kak mau tanya, sekarang yang jalur kerjasama masih dapat uang saku gak?

    BalasHapus
  78. Assalamualaikum kak, apa waktu kakak dulu setelah lulus tes tulis ada tes wawancara yang dibarengin TPA?

    BalasHapus
  79. Mau tanya kak, apakah di stks itu ada tes kesamaptaan nya kak?

    BalasHapus
  80. Ka syarat agar bisa masuk stks gmn ka?

    BalasHapus
  81. Kakk mau nanya bgt
    Sma jurusan ipa bisa mendaftar ga?

    BalasHapus
  82. Kak kalau kita udh daftar stan apa bisa daftar ke stks juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisaa banget, asal waktunya jangan sampe bentrok

      Hapus
  83. kak, kalo SMK jurusan TKJ bisa daftar STKS gak?

    BalasHapus
  84. kak,misalnya udah jadi mahasiswa stks,trus tahun depan ada pendaftaran sekolah ikatan dinas misalnya:STAN,boleh daftar sekolah lagi atau tidak?

    BalasHapus
  85. Ka aku daftar mandiri stks skrg tapi aku agak minder liat foto2nya badannya bagus aku malah gendut banget ,jd ga pede walaupun besok tes juga:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang aja, untuk fisik tidak ada ketentuan seperti sekolah ikatan dinas lainnya, gaada syarat masuk harus kurus atau gendut. Untuk tes fisik juga tidak ada, yang penting kamu sehat Wal Afiat aja dan siap untuk menempuh pendidikan di poltekesos

      Hapus
  86. Kk klo di stks itu klo kita udh lulus langsung pns atau gi mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engga langsung jadi PNS, STKS itu sekolah kedinasan tapi engga ikatan dinas. Jadi setelah lulus kamu tetep harus ikut CPNS, tapi kabar baiknya lulusan STKS biasanya ada kuota khusus di Kemensos ya. Itu setahu saya

      Hapus
  87. permisi kak, mau nanya nih, kalo smk jurusan kimia bisa daftar ga ya? makasih sblmnya.

    BalasHapus
  88. Kak, mau tanya. lulusan MA jurusan IPA bisa daftar tidak?

    BalasHapus
  89. Mau tanya kak kalo SMK jurusan teknik komputer jaringan bisa daftar gak mohon infonya

    BalasHapus
  90. kak mau tanya, kira kira pendaftar stks itu berapa ya? untuk acuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tahun ini, biaya pendaftaran nya 250K. Biaya awalnya sekitar 4 juta

      Hapus
  91. Hai kak, tulisan kakak bagus sekali, sangat membantu. Terima kasih kak Jae 👍 em.. mau tanya juga, maksud kakak "dapet beasiswa di semester 2 + nggak bayar biaya 4 juta" itu gimana ya kak? Bukannya di awal pendaftaran harus langsung bayar 4 juta itu??? Makasih ...

    BalasHapus
  92. Hai kak, mau nanya. Kuliah di stks, jam belajarnya dari jam berapa sampai jam berapa. Dan dari hari apa sampai hari apa?

    BalasHapus
  93. kalau beasiswa kerjasama tuh udh pasti keterima? aku denger berita² , yg dpt kerjasama itu pasti diterima , apa bener kaya gitu?

    BalasHapus
  94. Hallo kak saya mau bertanya kalo mau ambil beasiswa dari pemerintah itu kita lampirkan sktm dari awal? dan lngsng mendapatkan keringanan biaya apa kita harus bayar dulu dan baru mendapatkan keringanan biaya setelah mengetahui ipk kita brp?

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Posts

SOAL STKS 2015-2016

Kuliah Di STKS Mau Jadi apa?

Subscribe Jae's Youtube Channel