PASSION? Bawaan Kah? atau Dapat Dibentuk?

Ai Ai AI everyone..... :D
really long time gak pernah nge pos lagi since blog ini saya buat :D
karena kesibukan dimasa SMA dulu (padahal gak sibuk-sibuk banget :v) sibuk mikirin pacar yang terlalu banyak, gebetan, bahkan selingkuhan *padahal mah jomblo ngenes hiks* wkwk bukan itu kok. sebenarnya sih, jujur ya sibuk mikirin (kamu) Jurusan  :( iyah jurusan ini cukup membingungkan saya, IPA or IPS. "lah jurusan kok dipikirin. bukan dipikirin kelles, tapi dijalanin" 

yang ada dipikiran saya saat itu adalah, takut salah jurusan, takut gak maksimal belajar nya, dan takut gak sesuai dengan PASSION, iyah passion. satu kata dengan seribu satu makna *lebay*
lalu, apa sih sebenarnya passion itu?
yuk cari tahu genks!

banyak yang mendefinisikan arti kata passion itu sendiri. tapi saya hanya akan mengutip salah satu nya saja. Saya kutip dari blognya http://dunk2.blogspot.co.id


"Passion is a combination of pleasure and meaning, terinspirasi dari persentasi rene suhardono dalam www.tedjkt.org & Why people do what they do nya anthony robbins dalam www.ted.com"

 Saya tarik kesimpulan bahwa PASSION adalah, sesuatu yang membuat kita enjoy, senang, bahkan ikhlas melakukannya tanpa merasa tertekan.

lalu apa kah passion itu bawaan dari lahir kak?
 Saya tetap berasumsi bahwa passion itu BUKAN bawaan dari lahir. passion bisa kita bentuk kok :) 
Saya sendiri sudah merasakannya (ini bukan testimoni loh wkwk).  kenapa saya berpikiran seperti itu?
well, akan saya tuangkan *minuman kali ah* pada pengalaman pribadi saya. check this out~

 pada masa SMA saya terdampar di jurusan IPA. padahal awalnya saya berpikir gak cocok di IPA karena mikir kalo kemampuan hitung menghitung  saya gak terlalu jago.
 paradigma anak - anak sekolah memandang jurusan IPA itu lebih "keren" dari IPS  yang sebenarnya SALAH BESAR. karena notabene nya jurusan apapun itu sama saja. tetapi fakta nya paradigma seperti itu sampai saat ini masih dituhankan anak - anak sekolah loh genks-_-.  dan sudah saat nya di UBAH!

"lah jadi kamu ini nulis tentang passion atau jurusan sih jae" eits nanti dulu. Saya bakal bahas keduanya kok. karena passion sama jurusan itu menurut saya saling berhubungan, kayak kamu sama aku *hueekkkk*
udah ah becanda nya, yuk balik lagi ketulisan nya.

 alasan utama saya mendamparkan diri pada jurusan IPA dikarenakan ada rekomendasi dari pihak sekolah bahwa yang mendapatkan peringkat 10 besar di masing - masing kelas di tempatkan dijurusan IPA dan alhamdulillah ternyata saya gak bego bego amat loh :v alhamdulillah saya masuk 10 besar. tetapi pihak sekolah tidak memaksakan kok jika si anak ingin pindah ke jurusan IPS atau BAHASA. 
pada saat itu saya hanya mengikuti rekomendasi sekolah saja. 

awalnya masa masa pertama masuk kegiatan belajar dijurusan IPA sangat sulit dilewati oleh saya *oke ini lebay*. bahkan saya pernah mikir ingin pindah jurusan. Saya gak bisa enjoy belajar bahkan merasa tertekan. tapi, saya bukan tipikel orang yang mudah menyerah kok :D *lebay* saya tetap berusaha mencari cara agar bisa enjoy belajar dan tidak merasa tertekan. dan walaaaaaa :D saya berhasil melewati itu dan alhamdulillah bahkan menduduki peringkat teratas dikelas selama 3 semester hingga lulus *tuh kaan bener ternyata saya gak bego bego amat kan* :D  dan itu artinya saya berhasil menemukan PASSION saya disitu. yeay I got My Passion hehe


Singkat cerita, sekarang saya sudah duduk di bangku kuliah loh, gak kerasa ternyata time flies so fast yaaa *please Jae gak usah lebay deh -_-*  hehe dan ini tahun pertama saya  menginjakkan kaki  di bangku perguruan tinggi *cieeeee MABA :p* dan pasti kalian mikir "waaah pasti jae kuliah di jurusan science yah, matematika, fisika, biologi, kimia, atau teknik?" :D
kalo kalian mikir gitu. it's tottaly WRONG! :D

did you know? 
sekarang saya kuliah disalah satu perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan Kementrian Sosial Republik Indonesia. nama kampus nya Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung dengan Program Jurusan Pekerjaan Sosial (Social Worker) "lah kok kuliah di jurusan IPS? gak sesuai Passion dong?" eits tunggu dulu! ;) meskipun murtad (keluar) dari IPA :v bukan berarti saya keluar dari Passion saya. 
Balik lagi, karena saya tetep mikir PASSION ITU BISA DI BENTUK! maka saya akan mulai membuka lembaran baru dan membentuk PASSION saya di kampus ini. And I believe I can Do It!

so, buat kamu kamu yang masih mikir salah jurusan, pengen pindah jurusan, gak sesuai passion, Buang jauh jauh pikiran itu! inget! Tuhan gak akan naro kamu disuatu tempat (jurusan) kalo kamu gak bisa lewatin itu. justru tuhan naro kamu dijurusan itu karena tuhan tau kamu bisa melewati itu. perlu diingat lagi boys and girls, dek bang, di dunia ini gak ada yang namanya "kebetulan", semua nya udh direncanakan dengan sangat indah oleh Tuhan. dari pada kamu terus terusan seudzon sama Tuhan karena mikir kamu salah jurusan dan ditempatkan di tempat/jurusan yang salah (gak sesuai passion) dan yang ada malah nambah dosa kamu  *wiiih jae ngeri bawa bawa dosa :v* mending mulai mikir gimana cara nya bentuk Passion itu. "gak usah banyak omong deh jae, gimana cara nya ngebentuk passion ala JAE" iyeee sabar dikit ngapa :v nih saya share cara Membentuk Passion ala ue *eh maksudnya
Cara Membentuk Passion Ala Jae.
1. Confident (Percaya Diri)
yup, PD itu penting loh genks. ibarat kate nih yee PD itu kayak pondasi awalnya. kalo kamu kamu semua udah punya modal PD buat nembak si Doi *plak* buat bentuk Passion. percaya deh passion itu pasti bakal terbentuk dengan sendirinya. so please, be a confident person! dan kalo kamu dah punya modal nyang ini nih insha allah kamu gak akan mikir atau punya pikiran tentang "gak sesuai passion lah"  or "ini bukan passion aku" dan bla bla bla Lainnya .

2. Action 
nah genks, ternyata modal PD doang belum cukup buat ngebangun (bahtera rumah tangga sama kamu *plak) Passion kamu. but you also need an action for making a passion *elaaaaah sok inggris si Jae* maka ayo beraksi buat ngebentuk passion kamu itu. bisa dengan hal hal kecil dulu kok misalnya kalo kamu ngerasa salah jurusan karena gak sesuai passion, pertama kamu buang jauh jauh pikiran itu, trus kamu mulai melakukan aksi buat bisa enjoy sama semua aktivitas di jurusan kamu. dan seiring berjalannya waktu pasti rasa enjoy itu bakalan muncul kok.

3. Bantuan Lingkungan
"lah kok bawa bawa lingkungan sih jae. emang apa ngaruhnya lingkungan sama passion?" ya ngaruh dooong. kalo gak ngaruh buat apa saya tulis *plakkk-_-* *oke abaikan*
genks, lingkungan juga sangat mempengaruhi dalam pembentukan pssion kamu ini loh. kalau lingkungan kamu gak ngedukung, saya rasa passion kamu juga bakalan gagal dibentuk. karena support dari lingkungan sekitar kamu macam teman dan sahabat itu sangat mempegaruhi banget. contohnya ketika kamu udah punya PD dan udah mulai beraksi ngebentuk passion kamu ditambah kamu dapet support atau dukungan dari lingkungan sekitar. Saya yakin banget passion itu bakalan mudah banget kamu bentuk.
so, carilah lingkungan yang emang pro sama pembentukan passion kamu ini genks.

Saya rasa cukup genks tips  tentang Pembentukan Passion ini, sebenarnya masih banyak sih tips lainnya tapi karena keterbatasan waktu genks :( kita gak bisa lanjut lagi *gak usah baper Jae pleaseee-_-

Note: maap yeh kalo tulisan saya gak sesuai dengan Kaidah Penulisan Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar. Saya cuma pengen munculin tulisan yang santai dan gak terlalu kaku aja serta biar ada daya tariknya untuk dibaca sama genks genks muda Indonesia ;) dan gak ada maksud buat merusak bahasa indonesia kita :)
 kalo ada yang mau ditanyai perihal pembentukan passion bisa kontak saya di komentar, insha allah saya bales kok. atau yang ada kritik dan saran monggo dishare uneg - uneg nya di kolom komentar ^^

semoga bermanfaat ^^



Komentar

Popular Posts

SOAL STKS 2015-2016

4 Fakta Unik tentang STKS BANDUNG

Kuliah Di STKS Mau Jadi apa?

Subscribe Jae's Youtube Channel