UPDATE INFO BEASISWA STKS BANDUNG



“Ka, kata nya bakalan dapat beasiswa dari awal (gratis), kok ini saya malah bayar ya. Padahal pas wawancara saya bawa banyak sertifikat”

“kak, kok status mahasiswa mandiri gak ada yang berubah jadi penerima beasiswa prestasi sih kak? Kok gak sesuai sama yang kaka tulis di blog?”

Dua dari beberapa kicauan adik tingkat saya (angkatan 2016) ketika bertemu saya, seakan menagih janji apa yang sudah saya tuliskan di blog pada kolom komentar



Saat itu juga saya bingung, kenapa peraturan penentuan beasiswa di tahun 2016 berubah, seakan bertolak belakang dengan apa yang saya post diatas, saya juga merasa telah mem-php kan adik-adik angkatan 2016 terkhusus yang mendapatkan info melalui blog saya.
Saya meminta maap kepada adik-adik tingkat saya yang sudah mengharapkan akan medapatkan beasiswa dari awal dan bebas dari biaya pendidikan awal masuk. Tapi nyata nya tidak.

Iya, ternyata ada perubahan peraturan tentang penetuan waktu penerimaan beasiswa.

Diawal tahun ajaran, saya masih bingung kenapa peraturan baru ini tidak terpublikasikan di website atau melalui surat edaran dilingkup kampus? Atau saya yang kurang info atau memang tidak diinfokan oleh pihak lembaga?
atau mungkin karena ada nya penggantian ketua STKS yang baru, sehingga muncul aturan baru?
tapi kenapa saya masih belum bisa menemukan info terkait peraturan ini?

Kebingungan itu seakan terus-terusan muncul dibenak saya dan mungkin juga pada angkatan 2016. Seketika issue ini menjadi ramai dikampus. Bukan ramai ala kampus lain. Ramai yang saya maksudkan disini adalah hanya desas-desus, bincang sana bincang sini dikalangan mahasiswa.

Tapi akhirnya, kebingungan saya sirna setelah diadakan nya evaluasi beasiswa di akhir bulan januari 2017.

Well, mari kita kupas bersama-sama J

Jadi gini teman-teman. Ada peraturan yang berbeda pada tahun 2016 kemarin. Yaitu tentang penggolongan mahasiswa beasiswa terkhusus beasiswa prestasi dan bantuan pendidikan yang ditetapkan pada semester 2 sehingga semua mahasiswa dipukul rata membayar biaya awal masuk dengan kisaran 4.8 juta kecuali mahasiswa beasiswa kerja sama dan izin atau tugas belajar yang tetap mendapatkan beasiswa nya dari awal masuk (gratis) . For your information, di  tahun sebelum nya (tahun saya 2015, 2014, 2013 dan angkatan lebih bawah nya lagi) pemberian beasiswa atau penetapan status mahasiswa beasiswa prestasi dan bantuan pendidikan ditetapkan sejak awal masuk sehingga kami para penerima beasiswa prestasi dan bantuan pendidikan tidak mendapatkan tanggungan biaya awal masuk 4.8 juta (gratis).

Jadi status mahasiswa pada awal masuk (semester 1) sejak tahun 2016 terkhusus jalur mandiri belum akan ada yang merubah status nya menjadi mahasiswa penerima beasiswa prestasi dan beasiswa bantuan pendidikan. Penentuan status mahasiswa mandiri yang berubah status nya menjadi penerima beasiswa prestasi dan bantuan pendidikan akan ditetapkan pada semester 2 dengan acuan (indikator penilaian)nya yaitu Indeks Prestasi (IP) minimal 3.5 dan keaktifan mahasiswa pada kegiatan di lingkup kampus.

Pada saat evaluasi beasiswa tahun 2017 di akhir januari lalu, ada yang menanyakan perihal ketentuan baru ini, dari pihak lembaga menjelaskan bahwa penetapan mahasiswa beasiswa prestasi dan beasiswa bantuan pendidikan yang baru dilihat berdasakan pencapaian Indeks Prestasi (IP) disemester 2  dan keaktifakn mahasiswa dalam lingkup kegiatan-kegiatan kampus termasuk dalam UKM dikarenakan indikator penilaian nya lebih jelas. Jika hanya melalui data prestasi akademik dan non-akademik ketika SMA saja, acuan data nya barangkali belum cukup, sehingga masih harus dilakukan melalui penialaian indeks prestasi (IP) dan Keaktifan Berkegiatan, dengan begitu akan lebih jelas indikator penilaian nya serta akan memupuk semangat semua mahasiwa mandiri, bukan hanya yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik melaninkan juga bagi mereka yang belum memiliki kesempatan berprestasi akademik dan non-akademik di masa SMA nya.

Ketentuan ini memang kira nya sedikit memberatkan yaah (ini menurut saya pribadi) tapi tetap kita harus menerima nya. Ambil sisi positif nya saja. Pihak Lembaga STKS Bandung ingin menumbuhkan jiwa semangat berkompetisi mahasiswa nya agar kualitas mahasiswa STKS Bandung juga meningkat J
Disisi lain, khususnya saya bisa mengambil pelajaran dalam ketentuan baru ini bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang baik maka tidak bisa dilakukan hanya dengan melakukan hal yang biasa saja, ya benar, harus ada perlakuan khusus untuk mendapatkan nya seperti belajar lebih giat, tekun dan disiplin. Mendapatkan beasiswa ini memang bukan segala nya, tapi percayalah ada kepuasan batin yang dalam ketika ditetapkan sebagai salah satu penerima beasiswa.
Bagi teman-teman yang sedang berjuang, tetaplah konsisten pada apa yang ingin kalian perjuangkan. Agar hasil nya juga maksimal.

semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang membaca nya.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan bisa langsung komentar dibawa post ini yaaaa.

SALAM SEMANGAT MENEBAR KEBERMANFAATAN^^

Komentar

  1. Kak saya tahun ini mau daftar stks pake beasiswa bantuan pendidikan, biaya kuliah nya udah gratis dari awal atau nanti di semester 2 kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo.
      Semua jenis beasiswa termasuk bantuan pendidikan didapatkan di semeseter 2. Artinya tetap bayar biaya awal masuk nya. Kecuali beasiswa kerja sama yang masih didapatkan dari awal. Peraturan ini berlaku semenjak 2016 lalu dan 2017 kemarin juga masih sama seperti itu.

      Semoga membantu :)

      Hapus
    2. Pendaftaran nya bulan apa ya kak?

      Hapus
    3. Pendaftaran nya bulan apa ya kak?

      Hapus
    4. Waktu pendaftaran di kalender akademik 2018 pada 16 April - 8 Juni 2018

      Hapus
    5. Semoga membantu. Good luck

      Hapus
  2. Kak.. kalo udah lulus di STKS Bandung, apakah mudah untuk mencari pekerjaan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo dicky,
      Saya tidak bisa menjamin ini ya. Rezeki setiap orang berbeda beda. Tapi yang saya tau banyak alumni yg setelah lulus 1 atau 2 bulan setelah nya mendapatkan pekerjaan. Tapi ada juga yang hinga lebih dari itu.

      Hapus
    2. Iya kak, kalo sudah lulus, bisa bekerja di tempat apa saja kak?? Peluang untuk bekerjanya

      Hapus
    3. Berdasarkan sebaran Alumni dalam Buku Pedoman Akademik tahun 2017 yang dikeluarkan oleh STKS BANDUNG, Lulusan STKS Bandung hingga tahun 2016 sebanyak
      13.291 orang, terdiri atas lulusan Program Pendidikan KDSA, KKST, Sarjana Muda, Diploma-III, Sarjana (S-1), dan Diploma-IV, serta Program Pendidikan Pascasarjana (S-2). Alumni STKS Bandung hingga saat ini telah
      tersebar di berbagai instansi pemerintah dan swasta yang
      ada di dalam dan luar negeri seperti:
      -Kementerian Sosial RI
      -Kepolisian & Tentara Nasional Indonesia (TNI)
      -‎Pemerintah Daerah/PEMDA (Provinsi, Kabupaten,
      Kota)
      ‎-Dosen di Perguruan Tinggi Negeri/Swasta
      -Lembaga-lembaga Internasional (UNHCR, UNICEF, UNDP, Save the Children, Plan International)
      -‎Media Massa (Cetak & Elektronik)
      -‎Praktisi di Rumah Saki
      -‎Praktisi dan Konsultan Ahli di LSM, BUMN Perusahaan Swasta BKKBN, Kehakiman HAM, BPM, dll

      Hapus
  3. Kalo melanjutkan S2 nya gimana kak?? Dikampus itu juga kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul de. STKS juga membuka prodi Pasca Sarjana (S2) jadi kalau mau langsung melanjutkan ke S2 bisa di STKS juga

      Hapus
  4. Pendaftarannya secara online apa tidak kak?? Kalo secara online, kapan mulai dibuka pendaftarannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di kalender akademik tertulis pendaftaran akan dibuka pads 16 April dan berakhir di tangal 8 juni.

      Pendaftaran dilakukan secara online melalu laman pmb.stks.ac.id

      Hapus
  5. Hallo kak, boleh minta soal STKS tahun 2016-2017? Soalnya aku cari gk ada :( cuma dpet yg 2014-2015 aja ,- makasih sblmnya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Haniya,
      Mohon Maaf, saya juga hanya punya yang tahun 2015. Soal tahun 2016 dan 2017 tidak ada. Karena soal sudah tidak bisa dibawa pulang. Jadi saya gak bisa post lagi.

      Hapus
  6. Halo kak mau tanya nih kan biaya diawal masuk jalur mandiri kisaran 4,8. Lalu disemester 2 dan seterusnya jika tidak mendapat beasiswa biasanya biayanya berapa yaa kak?

    BalasHapus
  7. the best buat bang jae sukses terus bangg

    BalasHapus
  8. Kak, Medan kerja sama dengan STKS?

    BalasHapus
  9. Kak apakah peraturan beasiswa nya masih tetap sama untuk ke depannya??

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Posts

SOAL STKS 2015-2016

4 Fakta Unik tentang STKS BANDUNG

Kuliah Di STKS Mau Jadi apa?

Subscribe Jae's Youtube Channel