Akademik, Organisasi, Prestasi, Mana lebih Penting?


Hai Hai Gengs People. Apakabar? rasa nya sudah lama sekali tidak menuangkan tulisan di blog pribadi gue lagi. karena instagram story bisa buat perkontenan juga, jadilah konten konten tulisan gue banyak nya di muat dalam insta story sedangkan di blog jadi ter abaikan heheh. bahkan di 2019 saja gak ada tulisan satu pun yang bisa gue publish di blog ini, sayang banget rasa nya, padahal resolusi tahun 2019 gue. pengen banget menghasilkan konten positif di blog pribadi ini. baiklah ini sudah 2020 dan hampir masuk pertengahan tahun juga, gue putuskan untuk mulai kembali meneruskan resolusi tahun 2019 yang sempat tertunda. dan kedepan nya semoga gue bisa konsisten bikin tulisan di blog ini dan enggak cuma tulisan di instagram. oke baiklah, sebagai starting point, gue mau sharing tulisan gue tentang Akademik, Organisasi, Prestasi, Mana lebih Penting? well, tulisan ini sebetulnya pernah gue sampaikan disalah satu webinar tahun 2019 (if i am not mistaken) ke adik-adik SMA gue, dan karena isi nya menarik menurut gue, jadi gue ingin muat ini di tulisan blog gue.

Disclaimer content: kalo kaliang perhatikan penggunaan kata ganti orang pertama di setiap tulisan gue jadi berubah ya, dari aku ke saya kemudia ke gue. mohon dimaklum ya hehe, gue ngerasa, lebih nyaman aja pake istilah gue ketimbang saya di usia gue saat ini hehe. dan kedepan nya akan banyak kata ganti pertama dengan Gue ya di tulisan blog ini atau akan ada juga kata ganti yang menggunakan saya, intinya ya akan gue sesuaikan tulisan atau konten dengan penggunaan kata ganti nya. i wish it aint bother anyone to read ^^

oke baiklah... kita mulai bahas saja ya.

Berbicara mengenai tiga hal tentang akademik, organisasi dan prestasi tentunya tidak dapat dipisahkan satu dengan dua lain nya. Oleh karena itu menurut pandangan gue, bukan mengatakan mana yang lebih penting dari Akademik, organiasi, dan Prestasi, karena ketiganya Penting untuk dijalani , melainkana Bagaimana menyeimbangkan akademik, organisasi dan Prestasi.

Kenapa harus diseimbangkan? Life is about balance, right? Juga dengan ketiga hal diatas.

Without further any a do

Let's discuss more ;)


Pertama kita bahas dulu dari bidang akademik.
Akademik menjadi landasan bagi kita sebagai penuntut ilmu untuk mengasah pikiran/otak/kemampuan kita agar memiliki pengetahuan di bidang yang kita minati atau kita anggap sebagai passion, dan capaian puncak nya adalah tentunya memiliki gelar akademik dibelakang nama. Lantas hanya dengan memiliki gelar akademik sudah merasa puas begitu saja? Harus nya tidak yaa. Kita masih harus terus menggali hal lain di proses mengejar gelar akademik tadi. Yaitu dengan mengikuti berbagai organisasi sekolah atau kampus.

Let's dive more into this chapter....

Kenapa sih organisasi juga penting?
dari Organisasi kita bisa Belajar tentang membentuk relasi, membentuk softskill yang gak bisa kita dapetin dikelas (secara akademik). Softskill yang didapat ini tentunya sangat sangat penting dimiliki loh adik-adik sebagai penunjang akademik. Bahkan Menurut Forbes soft skill utama yang dicari banget oleh berbagai perusahaan di tahun 2020 adalah Pengambilan Keputusan, Negosiasi Adaptif dan Fleksibel, Berpikir Kritis, Berkoordinasi dengan orang lain, kreativitas.

Softskills diatas akan kita dapatkan ketika sudah masuk dalam dunia organisasi. Selain softskills, membentuk relasi akan kita peroleh ketika terlibat dalam dunia organisasi. Setiap organisasi terdiri dari berbagai macam anggota dengan berbagai latar belakang luar biasa. Kesempatan ini lah yang dapat kita manfaatkan untuk mengenal lebih banyak orang. Jadikan cerita hidup mereka sebagai pelajaran untuk dapat kita terapkan dimasa yang akan datang. Memiliki relasi yang luas akan mendatangkan banyak keuntungan. Contoh kecil nya saja, kita gak usah takut pergi kemanapun karna disetiap tempat yg kita kunjungi ada orang yang kita kenal. Menyenangkan, bukan?

Oke next...

Prestasi atau achievements, adalah ujung tombak pencapaiaan ketika dapat menyeimbangkan anatara akademik dan organisasi. Anggaplah sebagai reward nya karena mampu menyeimbangkan dua hal diatas. memiliki segudang prestasi baik secara akademik maupun non-akademik tentunya enggak akan didapat begitu saj dengan cara mudah. Ada proses panjang yang harus ditempuh dan perjuangan yang penuh peluh.

Proses panjang mengorbankan waktu, tenaga, pikiran dan tak jarang juga menghabiskan uang. Mereka yang aktif dalam hal akademik dan organisasi lebih mampu bersaing dalam mencapai prestasi yang ingin diraih. Mengapa bisa demikian? Karena hardskill yang didapatkan dalam bidang akademik dan softskills yang diperoleh dalam bidang organisasi telah menjadi amunisi/senjata yang dapat dimanfaatkan dalam mencapai prestasi yang diinginkan.

Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah.

"Lantas bagaimana menyeimbangkan ketiga hal diatas?"

Jawaban nya adalah, manajemen waktu dan skala prioritas.


1. Manajemen waktu

Memiliki time management yang bagus adalah hal yang ingin dimiliki oleh setiap orang. Karena fakta nya masih banyak yang kesulitan mengatur waktu. Padahal waktu tidak pernah bertambah atau berkurang. Dalam sehari tetap 24 jam, bukan? :)
Baiklah mari kita coba mulai mengatur waktu 24 jam agar tidak terbuang sia-sia dengan cara Membuat rencana kegiatan esok hari. Contoh nya (jam 04.30 bangun subuh. Jam 06.00 olahraga. Jam 06.30 pergi kuliah/sekolah 7.00 - 15.00 kuliah. 16. 30 Rapat BEM, dst)


2. Membuat Skala Prioritas
Tidak semua rencana Kegiatan kita dalam satu hari berjalan mulus. Kadangkala ada saja keadaan 'urgent' yang tiba-tiba datang tanpa diundang. Atau bentrok kegiatan A dan B yang memiliki waktu/jam yang sama. Kalau sudah seperti itu, membuat skala prioritas adalah cara yang bisa dilakukan. Cara nya adalah dengan memilih dan menimbang-nimbang mana kegiatan yang lebih penting untuk diambil. Lebih penting disini pertimbangan nya adalah.
a. Tupoksi kita dalam kegiatan tersebut b. Kedudukan kita (pemimpin rapat, koordinator) dalam kegiatan tsb
c. Seberapa dibutuhkannya kita dalam kegiatan tsb
d. Berapa banyak orang yang dirugikan
e. Estimasi waktu kegiatan (cth: H-3 acara atau bahkan H-1)

Lima hal diatas bisa dijadikan pertimbangan dalam membuat atau menentukan skala prioritas ya, tapi kalo kalian punya cara lain yang lebih work silahkan saja, cara ini anggap saja sebagai salah satu referensi, karena gue yakin sebetulnya tiap orang sudah tau cara membuat skala prioritas versi nya masing-masing. jadi tidak usah di perdebatkan ya... hihi berbeda itu kan indah yeayyy

baiklah, gue  rasa cukup ya  tulisan gue kali ini, sebagai kesimpulan yang ingin gue juga tekankan disini adalah 

"Akademik Yang Bagus, Organisasi yang bermakna, dan Prestasi yang gemilang bukanlah hal sulit untuk dapat diraih. Selama masih memiliki semangat, kegigihan, dan jiwa pantang menyerah."

Komentar

Popular Posts

SOAL STKS 2015-2016

4 Fakta Unik tentang STKS BANDUNG

Kuliah Di STKS Mau Jadi apa?

Subscribe Jae's Youtube Channel