Seni Mendengarkan




Halo semua nya. Semoga kita semua dalam keadaan baik-baik selalu. kalo lagi gak baik-baik aja juga gak apa apa kok, silahkan katarsiskan! Silahkan cari cara terbaik menyelesaikannya. Bila perlu, cari orang lain buat bantu rilis ke-tidak-baik-baik-an nya. Perhaps It will help you so much. ya walaupun kadang gak bantu-bantu banget juga sih. apalagi kalo respon yang dikasih nya enggak sesuai sama yang kita ekspektasikan, hehe. Tapi at least masih bisa bantu mendengarkan, jadi ya intinya masih bisa bantu xixi (maksa banget ya gue).

Ngomongin mendengarkan nih ya, jadi relate sama tulisan yang mau gue jadiin konten post bulan september ini (masih dalam mode target resolusi 2020 yaitu one month one post yippy), di bulan ini gue pengen nulis yang ringan-ringan aja ya, yang relate ke kehidupan kita sehari-hari juga barangkali, yaitu tentang SENI MENDENGARKAN. Wow mendengarkan itu ada seni nya ya? Seni mendengarkan bagaimana sih yang dimaksud ini?

Baeklahhh guysss, mari kita mulai...
Jadi gini guys, gue mulai deskripsikan dua kata yang jadi highlight judul tulisan nya dulu kali ya.

Most of the people memaknai seni sebagai suatu hal yang indah, yang enak dipandang mata, enak di dengar, enak juga disentuh (kok jadi ambigu). ya intinya seni itu satu kesatuan yang menciptakan keindahan namun dibuat dengan proses yang gak mudah tentu nya. sebenernya gue mau ambil pemaknaan kerumitan pembuatan nya wkwk jangan kesel yaaa. Intinya bagi gue seni itu indah tapi rumit menciptakan nya, juga gak jarang rumit mendefenisikan keindahannya. Haha bridging nya jadi rada panjang, gak apa apa lah yaaa. Nikmati saja~

Terus makna dari mendengarkan itu apa ya? Uhm, sama aja kalo mendengarkan ini, tetap pada makna sebenernya gak bertele tele kayak seni tadi. Xixixixi hampura...

jadi kesimpulan pemaknaan seni mendengarkan nya apa? Ya itu tadi diatas wkwkwk gak dong, becanda ya.


Well, kenapa mendengarkan itu bagian dari seni? Sebetulnya sesimple gue jawab, karena ternyata gak semua orang tau dan ngerti gimana cara nya mendengarkan. Karena ternyata mendengarkan itu rumit, karena ternyata mendengarkan itu sulit. Karena ya mendengarkan itu ada seni nya :)

Mari masuk lebih dalam pada cerita...

Di tahun ini, selain gue yang juga sering minta buat didengerin ocehan nya ke beberapa temen untuk ceritain keluh kesah kehidupan. Ada juga yang outreach gue buat numpahin ember berisi puzzle masalah nya yang udah penuh untuk gak cuma di tumpahkan tapi disusun agar bisa dipecahkan.

Tugas gue ngapain? Jelas gue bantu numpahin aja (hahah jahat banget sih gue), tenang bro sis, selain bantu numpahin gue bantu jagain puzzle yang mau disusun nya kok, biar gak berceceran kemana mana puzzle nya, terus ilang.

Sebetulnya, Gue gak bilang apa-apa, gak ada perintah apapun yang keluar dari mulut gue. Karena gue paham, temen gue ini udah tau puzzle mana yang mau dia susun duluan sebenernya.

Sama hal nya barangkali ketika teman kita yang lain mau cerita. Kadang mereka malah gak butuh respon kita-kita sekalian, mereka cuma pengen didengerin aja :( kecuali kalo emang udah selesai ya. Boleh deh kasih respon entah dalam bentuk penguatan atau bisa juga saran dan masukan kalo emang dibutuhkan.

Tapi ya gue akuin nih yaaa. Emang paling gatel kadang mulut ini (gue doang mungkin ya) buat kasih respon di sela-sela temen lagi cerita entah sekedar nanya kenapa bisa gitu sih harusnya kan gini dan berujung kasih comparison/bandingin cerita :( huft? Atau interupsi-interupsi lain nya yang bikin si yang mau cerita ini jadi gak nyaman buat cerita.

Soooo... Tolong biarkan dia cerita dulu, biarkan dia ngoceh dulu, jangan interupsikan apa-apa, apalagi bandingin cerita nya. Kalo dia butuh respon, dia akan tanyain ke kita ini atau minta kita buat respond. Kalo gak, ya cukup dengerin aja ya. It is more than just enough to make them feel better.

Tapi, tapi guys....
baru akhir-akhir ini gue sadar. Mendengarkan dalam kondisi kita yang dituntut diawal sudah memposisikan diri sebagai pendengar ternyata emang sulit.

Tapi tapi tapi... Ternyata lebih sulit mendengarkan ketika kondisi kita yang lagi gak baik-baik aja atau secara emosi lagi gak stabil entah lagi badmood, kesel, marah karena perlakuan orang lain terus minta penjelasan ke orang yang dituju, maksudnya buat dengerin ya. Dan ini jauh lebih sulit hmm...

Gak jarang dari kita akan malah lebih nyerocos buat interupsi dan tak jarang berujung kasih Interogasi ke lawan bicara nya tanpa mau dengerin penjelasannya lebih dulu.

Biar lebih jelas gue kasih contoh aja ya. Misalnya nih ya, kita lagi marah banget sama orang karena orang tadi bikin kesalahan. Dan kita coba minta penjelasan ke orang yang salah tadi. Tapi ketika orang tadi coba jelasin dan harus nya posisi kita dengerin penjelasan dia dulu, eh malah udah keburu kasih beberapa pertanyaan yang malah bikin penjelasan si orang yang salah tadi kepotong dan informasi nya jadi gak tersampaikan ke kita, dan jadinya malah meleber kemana-mana dan makin gak jelas. Atau jadinya si yang mau jelasin ini udah ketakutan duluan dan gak bisa jelasin apa yang seharusnya dijelasin. Karena kita nya yang terlalu intimidatif :( dan Karena kita nya yang mungkin gak coba buat dengerin dulu.

Memang sesusah itu guys, mendengarkan dalam kondisi dan situasi dalam cerita tersebut. That’s why guys, mendengarkan itu butuh seni dan kenapa mendengarkan itu ada seni nya.

Terus kesimpulan dari tulisan ini apa?

Well,in conclusion .... seni mendengarkan adalah cara menghargai lawan bicara hingga mampu memberikan kenyamanan dalam bercerita.

Seni mendengarkan artinya juga tau kapan harus memberikan respon, tau kapan harus mendengarkan, tau akan kondisi dan situasi diri sendiri terutama dalam mengontrol emosi ketika mendengarkan.

Ya memang sih, Kita (dipaksa) harus belajar buat paham seni mendengarkan ini dengan versi kita masing-masing. Loh kenapa versi masing-masing sih? Ya kayak seni aja, interpretasi keindahan seni tiap orang kan berbeda.
Terus Biar apa sih belajar mendengarkan segala? Ya biar kita makin jadi makhluk social yang berguna buat sesama, at least banget nih ya gak saling nyakitin satu sama lain.

By the way. di tulisan kali ini. Gue sekaligus ingin menyampaikan banyak terima kasih ke teman-teman dekat gue, yang sering gue ceritain ini itu. yang sebetulnya kadang gak penting-penting banget sih buat didengerin haha tapi kalian (teman-teman deket gue) ini masih aja mau dengerin sampe gue jadi selalu ngerasa dihargai tiap kali cerita. Terima kasih sudah jadi ladang belajar gue dalam mengasah dan memaknai Seni Mendegarkan. I am more than just happy to have you guys in my life!

Semoga kalian yang baca tulisan ini juga punya teman-teman dekat yang bisa diajak buat cerita-cerita keluh kesah kehidupan kalian. Sesekali bilang makasih ke mereka gak masalah kok. Ya walaupun masalahnya gengsi aja sih paling xixixi

Sudah yaaa, sampai jumpa ditulisan gue berikutnya.

Jangan lupa bahagia!









Komentar

Popular Posts

SOAL STKS 2015-2016

4 Fakta Unik tentang STKS BANDUNG

Kuliah Di STKS Mau Jadi apa?

Subscribe Jae's Youtube Channel